Poto : Logo HKBP

Pdt Sikpan Sihombing, MTH , MPd

Mazmur 112:1

Haleluya!

Berbahagialah orang yang takut akan TUHAN, yang sangat suka kepada segala perintah-Nya.

Psalms 112:1, Praise ye the LORD. Blessed is the man that feareth the LORD, that delighteth greatly in his commandments.

Di jaman medsos sekarang ini, sering saya perhatikan postingan begini: bahagia itu sederhana. Kemudian dibuat gambarnya ada keluarga minum teh atau makanan sederhana atau jalan-jalan di tempat umum yang biasa dikunjungin orang.

Tentu pesan itu mau menyampaikan bahagia itu tidak ribet, tidak mahal bahagia itu bisa tanpa cost. Bahagia bisa diraih dan silat oleh semua orang dengan hati yang mensyukuri apa adanya.

Alkitab sangat banyak menjelaskan arti kebahagiaan? Salah satunya ada pada Mazmur 112;1 ini. Kebahagiaan itu akan ada pada diri orang-orang yang takut akan Tuhan.

Syukur bagi kita orang percaya, bahagia itu rupanya bukan pada manusia, tetapi bahagian itu kala ada hati yang terpikat kepada Tuhan. Kebahagiaan yang paling tinggi adalah takut akan Tuhan.

Takut akan Tuhan adalah suatu kesadaran diri seseorang akan keberadaan dirinya dihadapan Allah. Dia menyadari bahwa dirinya adalah siapa dihadapan Allah. Mahkluk ciptaan, manusia berdosa, dan hanya karena anugerah Allah di hidup. Allah itu maha kuasa, pencipta dan pemelihara kehidupan.

Takut akan Tuhan berarti juga hormat danada rasa kagum dihadapan Allah. Kekaguman terhadap Tuhan timbul karena perbuatan-perbuatanNya yang besar yang diluar perkiraan pikiran manusia. Pengalaman rohani seperti itukah membuat suatu keputusan dan kebulatan tekad bersedia dan taat serta setia melakukan perintah-perintahNya. Ketaatan kepada Tuhan bukan karena takut hukuman, tetapi karena kerelaan hati.

Takut akan Tuhan adalah sikap hidup seseorang yang berhikmat, menempuh jalan hidup yang di berkati Tuhan. Maka dengan sendirinya dia tidak akan mencari rezeki dari jalan-jalan yang tidak di berkati Tuhan

Tentu masih banyak lagi yang bisa diuraikan makna takut akan Tuhan. Satu hal yang pasti dari sikap takut akan Tuhan adalah menikmati hidup bahagia. Bahagia bukan karena hidup berkelimpahan atau harta yang bertumpuk. Bahagian bukan karena memiliki segala-galanya atau menggapai apa yang diminga tetapi bahagia karena hati yang bersyukur dan percaya kepada Tuhan, bahwa Tuhan akan memberikan yang terbaik dalam hidup ini.

Jika ingin hidup kita bahagia firman ini menganjurkan takutlah akan Tuhan. Kebahagiaan itu tidak berada diluar diri, tetapi didalam diri manusia itu sendiri yang dengan rela hati bersedia melakukan kehendak Allah. Tuhanlah yg memberkati kita dengan melimpahkan segala kebaikanNya dalam hidup kita. Amin (sikpan sihombing)

Selamat bekerja, tetap semangat dan bertekunlah dlm doa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here